Kartu memori jenis apapun, saat sekarang sudah menjadi bagian yang  penting dalam penggunaan ponsel, tidak melihat apakah itu adalah ponsel high end atau low end, semuanya mempunyai ketergantungan pada kartu memori, seperti jenis microSD yang saat ini banyak dipakai. Terlebih lagi untuk ponsel merek lokal, peranan kartu memori amat penting untuk menjalankan berbagai aplikasi, ini disebabkan karena kapasitas memori internal pada ponsel merek lokal terbilang minim.

Nah, apa yang akan terjadi jika kartu memori kamu hang, padahal disitu file-file penting tersimpan, seperti foto-foto dan lagu . Kartu memori yang hang disebabkan oleh banyak hal, umumnya masalah sering dijumpai pada pengguna yang sering melepas dan memasukan kartu memori, biasanya ini dilakukan untuk tujuan mentransfer/copy data. Tetapi bisa juga masalah itu terjadi karena pengaruh medan magnet dan panas.

Kerusakan pada kartu memori sering juga disebut memory corrupt. Ini terjadi karena rusaknya sistem file, dan bukan terjadi kerusakan pada kartu memori secara fisik. Indaksi dari memory corrupt yakni konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka. Bila Anda mendapati masalah seperti diatas, langkah yang dapat diambil yakni dengan cara memformat kartu memori tersebut.

Berikut langkah-langkah untuk melakukan format kartu memori secara tepat.
1.    Lepas kartu memori dari ponsel
Sebenarnya di beberapa ponsel terdapat ‘tata krama’ untuk melepas (remove) kartu memori, dengan mengikuti petunjuk yang ada, maka program yang sedang berjalan di dalam ponsel tidak akan mengalami crash. Ponsel Symbian dan Android Gingerbread sudah dilengkapi tools untuk remove kartu memori, sedangkan pada BlackBerry dan Windows Mobile tidak dijumpai.

2.   Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H   atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, dan pilih menu ‘Format’.

3.   Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan Anda memilih  sistem format file FAT.

4.    Klik tombol ‘Format Now’ dan tunggu hingga selesai.
Jika muncul pesan ‘error’ kemudian PC tidak bisa memformat lagi, gunakan cara lain yakni format lewat menu Command Line.

Format lewat Command Line
1. Di PC, klik Start –> Run, dan ketik CMD.
Jendela Command akan terlihat pada mode DOS prompt.

2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT
(h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)

3. Tunggu hingga selesai.
Jika masih muncul masalah pada kartu memori, silahkan gunakan memory card reader lain. Tetapi jika memang sudah tidak bisa diperbaiki kembali, terpaksa kartu memori tersebut harus ditukar dengan penjualnya, jika masih bergaransi. Perlu diingat, sebelum membeli kartu memori, perhatikan merek dan jaminan garansi yang diberikan.

sumber : selular.co.id

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s